Tuesday, December 20, 2011

Komoditas perikanan

1. Jelaskan pandangan anda tentang UU No. 31 tahun 2004 tentang Perikanan !

Undang-undang menjelaskan tentang yurisdiksi wilayah perairan Indonesia mulai dari ZEE hingga laut lepas yang sumberdayanya dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Selain itu undang-undang tersebut untuk melindungi nelayan-nelayan Indonesia dan mensejahterakan nelayan kecil di Indonesia.

UU No. 31 tahun 2004 dianggap belum mencerminkan keberpihakan negara terhadap nelayan kecil (tradisional) karena orientasinya masih melihat pasar, atau sebatas peningkatan devisa negara. Jika dilihat dari pasal per-pasal, mulai diijinkannya kapal asing dan zonasi penangkapan. Hendaknya Jaring Pendapat Mengenai Draft RUU Tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan memberikan kebebasan nelayan kecil sebagaimana tertuang pada Pasal 61 ayat (1). Meski pasal ini berniat membela nelayan kecil dengan memberikan akses seluas-luasnya, namun pada kenyataannya pasal ini menjadi salah satu biang keladi terjadinya konflik antarnelayan karena persaingan yang tidak seimbang. Memang sudah ada aturan jalur-jalur tangkapan, namun aturan tersebut berlaku bagi nelayan besar yang tidak diperbolehkan masuk wilayah nelayan kecil.

2. Jelaskan komoditas unggulan yang secara empiris menurut anda dapat dikembangkan !

Komoditas unggulan yang saat ini harus dikembangkan adalah ikan sidat. Ikan sidat memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik apabila ikan sidat dijadikan produk olahan dan mampu menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsinya. Ikan sidat dikenal dapat menambah kecerdasan pada anak-anak. Mengandung lemak yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan anak-anak serta tidak mengandung kolesterol. Ikan ini sebaiknya dijadikan produk diversifikasi pangan misalnya dijadikan bakso, nugget, ataupun sosis.

Ikan Sidat (Anguila marmorata) memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun harganya juga cenderung mahal. Ikan ini memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin A masing-masing adalah 25 kali lipat, 5 kali lipat dan 45 kali lipat susu sapi, kandungan zinc (emas otak) merupakan 9 kali lipat susu sapi. Ikan sidat mengandung berbagai asam lemak tak jenuh yang tinggi yang tak ada pada hewan lainnya, sehingga dapat merupakan makanan utama yang memenuhi nafsu makan manusia, tanpa perlu khawatir badan akan menjadi gemuk. Rasa ikan sidat harum dan enak, disebut sebagai “ginseng air”, fungsinya dalam memperpanjang umur dan melawan kelemahan dan penuaan tak ternilai.

Selain itu produk yang bisa diunggulkan adalah rumput laut. Rumput laut yang banyak dimanfaatkan adalah dari jenis ganggang merah (Rhodophyceae) karena mengandung agar - agar, keraginan, porpiran, furcelaran maupun pigmenfiko b ilin (terdiri darifi ko ere trin danfi ko sian in) yang merupakan cadangan makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Tetapi ada juga yang memanfaatkan jenis ganggang coklat (Phaeophyceae). Ganggang coklat ini banyak mengandung pigmen klorofil a dan c, beta karoten, violasantin dan fukosantin, pirenoid, dan lembaran fotosintesa (filakoid). Selain itu ganggang coklat juga mengandung cadangan makanan berupa laminarin, selulose, dan algin. Selain bahan - bahan tadi, ganggang merah dan coklat banyak mengandung yodium.

3. Jelaskan mengapa ikan bersifat high perishable !

Kelemahan ikan adalah bersifat high perishable (cepat membusuk). Ikan relatif lebih cepat mengalami pembusukan daripada daging unggas atau mamalia karena pada saat ikan ditangkap, ikan selalu berontak dan menggelepar-gelepar sehingga banyak kehilangan glikogen dan glukosa. Glikogen dan glukosa pada hewan yang mati dapat mengalami glikolisis menjadi asam piruvat yang selanjutnya akan dirubah menjadi asam laktat. Ikan yang terlalu banyak berontak pada saat ditangkap maka akan kehilangan banyak glikogen dan glukosa sehingga kandungan asam laktat ikan menjadi rendah. Oleh karena itu, nilai pH ikan tersebut menjadi normal. Nilai pH yang mendekati normal akan merangsang pertumbuhan bakteri dan mempercepat pembusukkan. Selain itu ikan mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga merangsang pertumbuhan mikroba dengan cepat.

No comments:

Post a Comment